Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 19 Desember 2012

Ingin Bisnis Lele Sangkuriang? Ini Kiatnya


Pertanyaan:
Saya tertarik untuk melakukan budidaya lele sangkuriang, tetapi saya terkendala lahan. Adakah solusi yang tepat untuk membantu saya? Karena, saya tertarik untuk berwirausaha, tapi masih khawatir akan risiko tidak kembali modal. Saya saat ini masih bekerja di salah satu perusahaan swasta. Terima kasih. 

Daddy B., Bekasi - 37 tahun


Jawaban:
Pak Daddy, sesungguhnya yang terutama diperlukan dalam kewirausahaan yaitu kesungguhan serta ketetapan hati. Dalam hal ini, yang perlu dipersiapkan yakni mental wirausahawan. 

Kiat sukses dalam bisnis tidak terjadi secara instan. Ada proses yang perlu dilewati, tapi perlu dipahami bahwa sukses merupakan buah dari kerja keras, kemauan yang kuat untuk terus belajar dan konsepsi bisnis yang jelas serta terukur.

Ada hal yang perlu diluruskan, sebelum masuk ke jawaban atas pertanyaan bapak. Risiko merupakan sebuah bagian dari aktivitas bisnis yang tidak dapat dihilangkan, namun kita dapat melakukan pengelolaan terhadapnya. Disitulah peran penting perencanaan strategis yang sesuai.

Dalam hal ini, modal menjadi elemen pendukung, namun bukan segalanya. Sehingga, ada beberapa hal yang dapat dilakukan bagi Pak Daddy di antaranya:

Bagi kendala lahan, tentu bisa menggunakan lahan yang terbatas terlebih dahulu dengan menggunakan medium terpal sehingga cost-nya murah. Bila telah sustain dalam pengetahuan budidaya lele sangkuriangnya, serta terbukti dalam kapasitas produksi, barulah berpikir soal lahan dalam aspek yang lebih luas. Dapat pula bekerjasama dengan pemilik lahan menggunakan skema bagi hasil.

Dapat juga bergabung dengan Koperasi pembudidaya sejenis. Dalam hal ini, tentu ketika sudah memiliki niatan untuk berwirausaha dengan tema pokok tertentu. Maka, berhimpun dalam sebuah organisasi dengan fokus yang sama dapat menambah kapasitas ilmu budidaya, pemasaran, serta mengatasi kendala permodalan secara kolektif.

Kiranya demikian yang dapat kami sarankan, Pak Daddy. Semoga dengan ini, dapat memberikan solusi bagi bapak dan dapat segera memulai usaha lele sangkuriangnya ya, Pak. Salam sukses entrepreneur. (EK) 


Ery Kasman, SE, MSi 
Direktur Entrepreneur Institute

Rubrik konsultasi ini bekerja sama dengan Entrepreneur Institute.
Kirimkan pertanyaan ke: wirausaha@rol.republika.co.id


Ditulis Oleh : kelompok tujuhplus // 15.59
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Google+ Followers

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service