Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 18 April 2013

Pemilihan Induk Lele Masamo



  • Jantan:
    • pilih yg matang umur (minim 1 th, berat awal 1 kg) dan matang gonad (sudah beristirahat minim 1,5 bulan dr pemijahan sebelumnya)
    • tidak cacat (wajib).
    • kelamin besar memanjang (melebihi sirip anal) dan berwarna merah keunguan.
    • agresif (sirip punggung berdiri bila kita sentuh menandakan birahi yg tinggi)
  • Betina:
    • matang umur (sama dg jantan)
    • pilih yang matang telur (lakukan uji kanulasi dg kateter FR 12mm).  Karena matang gonad belum tentu matang telur, sedangkan matang telur sdh pasti matang gonad. Dan hal ini tidak selalu ditandai dengan ciri perut yg besar (untuk ikan jenis perut yang panjang).
Telur ada 3 warna yaitu:
  •  hijau (masih terlalu mentah)
  •  kuning (matang tapi belum maksimal)
  •  coklat (titik puncak kematangan telur dan gonad)
  • jangan melakukan pengurutan perut induk karena bisa menyebabkan stress bila tidak berpengalaman melakukannya
  • tidak cacat (tidak wajib) dan kelamin berwarna keunguan.
  • matang gonad biasanya diperoleh maksimal ketika induk sudah istirahat selama 3 bulan (dari pemijahan sebelumnya).
NOTE:
  1. pakan minim protein 40% (PF 128 dari matahari sakti) (dosis 1-2% dari berat tubuh dengan frekuensi 1x sehari)
  2.  pakan tambahan ikan segar yang tidak mengandung garam 1 bulan sebelum pemiijahan. (dosis 5-6% dari berat tubuh tiap 3 hari sekali). Bila kasih makan pakan tambahan sudah tidak perlu kasih pakan pellet dihari yang sama.
  3.  istirahat induk menggunakan sistem batere dengan kepadatan 5-6 ekor/m2. (untuk berat induk 1,5-2 kg/ekor).
  4.  kedepan akan saya berikan tips mengenai teknik perawatan larva (D1 s/d D10) (sistem air diam atau mengalir), mengapa larva mati ngampas (umur 2-3hr pasca netas), mengapa larva mati ketika pindah kolam, mengapa larva mati ketika perubahan pakan (dari tubifex-pelet) setelah itu baru teknik pendederan benihnya, teknik grading, dsbnya
perlu di ketahui bahwa memijahkan itu tdk mudah, perlu ketelatenan, keuletan dan kesabaran yang tinggi untuk mencapai target produksi yang maksimal (kalo hanya untuk hobby asal netas dan produksi seadanya ya ga perlu ribet menyimak tulisan saya ini).

apa dan bagamana teknik kanulasi itu ? teknik kanulasi adalah teknik utk mengnali warna telur dg cara mengunakan selang kateter (beli di apotik).
caranya masukkan slang kateter ke dalam genital induk betina (pelan2 saja,masukkan kira2 sedalam 3cm,lalu sedot plan2 dg mulut).
Telur yg tersedot oleh kita nanti kita taruh dicawan putih sehngga kita bisa kenali warna telurnya, kadang yg terambil hanya lemak saja (inilah slh 1 alasan mengapa perut induk besar dan empuk tapi tidak keluar telurnya)..hal ini menandakan pakan yg kita berikan terlalu banyak lemaknya..

apa yg dimaksud dg sistem batere..sistem batere adalah sistem istirahat induk agar bisa kawin dan istirahat berkala secara optimal (jadi kita harus punya banyak kolam induk)..contohnya kita punya 5 ptk pemijahan yg mau kita kawinkan setiap bulan,berarti kita hrus punya 4 ptk induk..setiap ptk brisi 8-10 pasng induk (dg asumsi ketika ada yg gagal mijah,mk msh ada cadangannya), pemijahan yg pertama,kita bongkar kolam induk ke-1 dan bulan depan kita bongkar kolam induk yg ke-2 (isi 10 psg jg),bgitu sterusnya sampai ktika kita bongkar ptk ke-1 lg..dia sdh istirahat slama 3 bln (baik jantan/betina)..

Sumber : Lele Masamo dotCom

Ditulis Oleh : Unknown // 12.17
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toko Buku Online Terlengkap
g-website

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service