Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 09 Januari 2013

Memisahkan dan membersihkan cacing sutera dari lumpur

Panen cacing sutra hasil budidaya biasanya dilakukan dengan mengambil cacing berserta lumpurnya. cacing lalu dicuci bersih menggunakan air yang mengalir, jika cacing sutra yang di panen jumlahnya sedikit , cara tersebut mudah dilakukan, namun apabila jumlah cacng sutra yang di panen banyak , cara tersebut menjadi tidak praktis.

Cara berikut bisa digunakan di antaranya :
1. cacing sutra yang bercampur lumpur diletakkan dalam wadah yang menpunyai permukaan lebar.
2. campuran tersebut dihamparkan dengan ketebalan kira-kira 2 cm.
3. tambahkan air kurang lebih 1 cm lalu seluruh permukaan air ditutup dengan plastik berwarna hitam.  4. campuran tersebut di diamkan selama semalam, setelah di diamkan selama semalam wadah tersebut dibuka , kalau semuanya berjalan normal , cacing sutra sudah terpisah di bagian atas dan lumpur di bagian bawah.

Cacing sutra hasil panen sebaiknya tidak langsung digunakan untuk pakan ikan karena meskipun sudah bersih dari lumpur namun seringkali masih mengandung bakteri patogen maupun bibit penyakit lainnya.

Sebelum digunakan, cacing sutra sebaiknya diletakkan dalam air bersih dan juga di rendam dengan PK selama 1 menit lalu bilas dengan ari bersih kembali baru di berikan ke pada larva.


Sumber : Aplesi.com

Ditulis Oleh : kelompok tujuhplus // 21.52
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Google+ Followers

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service