Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 22 April 2013

Salah Satu Cara mempercepat Pertumbuhan Lele

Keong Mas (pomacea canaliculata) adalah siput sawah dengan warna cangkang keemasan kadang dianggap hama tetapi berprotein tinggi.

Kandungan Gizi Keong, menurut Dr Ir Sulistiono, MSc, Ketua Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) (harian Pelita, Jum’at,13/4), kandungan gizi keong mas diketahui mengandung asam omega 3, 6 dan 9. Dari hasil uji proksimat, kandungan protein pada keong mas berkisar antara 16 hingga 50 persen.

Selain banyak mengandung protein, hewan dari keluarga moluska ini juga kaya akan kalsium. 
Penggunaan keong mas untuk pakan itik terbukti mampu menaikkan hasil telur hingga 80 persen. Pemberian pakan sekitar 4,5 persen tepung keong mas pada peternakan sapi potong juga memberikan hasil pertumbuhan yang cukup baik dan tingkat keuntungan paling tinggi dibandingkan pemberian pakanlain.

Sebagai pakan ikan, penggantian kandungan tepung ikan menjadi tepung keong mas sebanyak 25 hingga 75 persen memberikan pengaruh cukup baik terhadap laju pertumbuhan harian individu, efisiensi pakan, retensi protein, dan retensi lemak. 

Keong mas juga berperan sebagai pengendali keong lain jenis Bulinus sp dan Biophalaria sp yang merupakan inang perantara parasit trematoda yang menyebabkan penyakit gatal-gatal dan schistosomiasis yang telah menginfeksi lebih dari 200 juta penduduk tropis.

Selain uraian di atas, keong mas yang selama ini dianggap hama yang merusak padi ternyata bisa di manfaatkan untuk mengkondisikan kolam ikan lele, terutama untuk kolam pembesaran.

Adapun beberapa manfaat keongmas diantaranya:
• Untuk membuat mikroorganisme lokal starter
• Untuk campuran pakan buatan

Adapun manfa'at MOL nya adalah:
Untuk mempercepat pengomposan pada media kolam ikan
Mempercepat tumbuhnya plankton dan memperbaiki kondisi air kolam sehingga kandungan oksigen terlarut lebih maksimal.

Beberapa bahan tambahan bisa di campurkan ke dalam MOL keongmas yaitu, NPK dari bahan tumbuh tumbuhan sperti batang pisang dan sabut kelapa dengan cara di fermentasi terlebih dahulu. Cara membuat fermentasi batang pisang dan sabut kelapa cukup mudah yaitu dengan cara di rendam selama satu minggu, setelah fermentasi selesai di lakukan maka larutan siap di gunakan untuk di campurkan pada air kolam.

Manfaat fermentasi keongmas mengandung unsur-unsur mineral penting, lemak, protein, karbohidrat dan asam humat mampu menumbuhkan dan menyuburkan pakan alami yang berupa plankton dan jenis cacing-cacingan, menetralkan senyawa beracun dan menciptakan ekosistem kolam yang seimbang.

Perlakuan air kolam dilakukan pada saat olah lahan dengan cara dilarutkan dan di siramkan pada permukaan tanah kolam/di campurkan pada waktu pemasukan air baru (kolam terpal) atau sekurang-kurangnya setiap 5 hari sekali.






Ditulis Oleh : kelompok tujuhplus // 21.20
Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Google+ Followers

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service