Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 22 April 2013

ARTEMIA


Artemia merupakan salah satu makanan hidup yang sampai saat ini paling banyak digunakan dalam usaha budidaya udang, khususnya dalam pengelolaan pembenihan. 

Sebagai makanan hidup, Artemia tidak hanya dapat digunakan dalam bentuk nauplius, tetapi juga dalam bentuk dewasanya. 
Bahkan jika dibandingkan dengan naupliusnya, nilai nutrisi Artemia dewasa mempunyai keunggulan, yakni kandungan proteinnya meningkat dari rata-rata 57 % pada nauplius menjadi 70 % pada Artemia dewasa yang telah dikeringkan. 
Selain itu kualitas protein Artemia dewasa juga meningkat, karena lebih kaya akan asam-asam amino essensial.
Demikian pula jika dibandingkan dengan makanan udang lainnya, keunggulan Artemia dewasa tidak hanya pada nilai nutrisinya, tetapi juga karena mempunyai kerangka luar (eksoskeleton) yang sangat tipis,sehingga dapat dicerna seluruhnya oleh hewan pemangsa. 

Melihat keunggulan nutrisi Artemia dewasa dibandingkan dengan naupliusnya dan juga jenis makanan lainnya, maka Artemia dewasa merupakan makanan udang yang sangat baik jika digunakan sebagai makanan hidup maupun sumber protein utama makanan buatan. 
Untuk itulah kultur massal Artemia memegang peranan sangat penting dan dapat dijadikan usaha industri tersendiri dalam kaitannya dengan suplai makanan hidup maupun bahan dasar utama makanan buatan. Untuk dapat diperoleh biomassa Artemia dalam jumlah cukup banyak, harus dilakukan kultur terlebih dahulu. 

Produksi biomassa Artemia dapat dilakukan secara ekstensif pada tambak bersalinitas cukup tinggi yang sekaligus memproduksi Cyst(kista) dan dapat dilakukan secara terkendali pada bak-bak dalam kultur massal ini.
(Ir. Sri Umiyati Sumeru )Pernah ditemukan kista tertua oleh suatu prusahaan pemboran yang bekerja disekitar Danau “ Salt Great “. Kista tersebut diduga berusia sekitar lebih dari 10.000 tahun ( berdasarkan metode carbon dating ). Setelah diuji, ternyata kista-kista tersebut masih bias menetas walaupun usianya 10.000 tahun .( Anonymous, 2008 )

Beberapa sifat artemia yang menunjang antara lain :
(a) Mudah dalam penanganan, karena tahan dalam bentuk kista untuk waktuyang lama
(b) Mudah berada dalam kisaran salinitas lingkungan yang lebar.
(c) Makan dengan cara menyaring, sehingga mempermudah dalam penyedian pakannya.
(d) Dapat tumbuh dengan baik pada tingkat padat penebaran tinggi. 
(e) Mempunyai nilai nutrisi tinggi, yaitu kandungan protein 50 – 70%

Ditulis Oleh : Unknown // 20.45
Kategori:

1 komentar:

  1. Jual cyst/telur artemia. Artemia merk Supreme Plus dari GSL USA. Tersedia dalam kemasan kaleng isi 15 oz (425 gram) dan kemasan repacking botol isi 40 gram. Untuk informasi dan pemesanan silahkan hub 0812 2841 280. Terima kasih. Yanto
    Tersedia juga produk-produk untuk pembenihan ikan/udang al : ovaprim, spirulina, multivitamin ikan dan udang, vitamin c, edta, pakan powder merk japonicus dan top minigrain

    BalasHapus

 
Toko Buku Online Terlengkap
g-website

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service