Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 22 April 2013

Pembenihan Ala Straia Fram

Pakan Indukan
Pakan indukan saya dikasih PL-3 sama megami.
kebanyakan megami juga gak bagus, karena kandungan lemaknya cukup tinggi 13%.
paling dari 150ekor indukan yg saya punya cuma dikasih 0,5kg megami, sisanya PL-3.
saya kasih suplemen dari probiotik dan ramuan/racikan sendiri buat ngejaga nafsu makannya..
tinggi air kolam indukan saya cuma 40cm kok
yang dari produk probiotik saya pakai: mengandung protect plus sama amino liquid.
racikannya saya tambah: garlic, madu, molase, sama extract ginseng tanaman herbal dari eyang saya.

Pemijahan
kolam pemijahan 2x3x0,5m
pemijahan 1:1.
tinggi air kolam pemijahan 20cm.
berat indukan jantan 2kg, betina 1,8kg (biasanya lebih besaran jantannya).

dari kolam pemijahan tsb saya simpan kakaban 10 lembar.
setelah bertelur saya bagi ke 2 kolam penetasan yang di outdoor dgn ukuran kolamnya 2x4x0,4m.
ada juga yg kolam penetasan indoor, saya bagi menjadi 5-8kolam penetasan, dgn ukuran kolamnya 2,2x1,2x0,4m.
tinggi air kolam penetasan 25cm-30cm utk yg outdoor, utk yg indoor 15-20cm.

Persiapan Penetasan
untuk persiapan kolam penetasan:
kolam tandon ukuran 2x3x0,5m sebanyak 5kolam,
di isi air setinggi 45cm.
di kolam tandon tsb saya kasih azoola dan fermentasi probiotik.
sumber air dari empang, air resapan tanah yh tak pernah surut.
dari air kolam tandon tsb saya endapkan minimal 3 hari/7hari.
sebagai indikator air itu bagus saya melihat dari perkembangan azoolanya mas.
azoolanya kalau semakin banyak berarti air itu subur dan sudah banyak microorganismenya.

setelah itu, dari kolam tandon tsb airnya saya suply ke kolam penetasan setinggi 20cm.
dari menetas sampai usia 2/3hari baru saya kasih casut.
setelah masuk usia 7 hari, sudah bisa diprediksi jumlah larva/benih yg mentetas, kemudian saya pecah kekolam yg lain.
utk mengurangi kepadatannya.
biasanya dari 2 kolam penetasan yg ukrn 2x4 itu saya pecah jadi 4-6kolam. dgn ukurn kolam yg sama, dan dgn pengkondisian air yg sama juga.
setelah hari ke 7 baru kakaban saya angkat.
biasanya kan teman2 yg saya lihat dikolamnya pada usa 4/7hari sudah mulai banyak lumut sutera/busa. tapi dikolam saya tdk ada mas. karena dgn pengkondisian air tsbt PH nya stabil karna ada azoolanya, dan sudah banyak micro organisme nya juga. micro organisme yg terdpt dikolam penetasan itu, akan melawan bakteri pathogen yg bisa menimbulkan penyakit seperti kembung, dll

Sumber :  Aplesi dotCom

Ditulis Oleh : Unknown // 20.30
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toko Buku Online Terlengkap
g-website

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service