Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 15 Desember 2012

Olahan Lele untuk Oleh-oleh dan HIK…


Berbicara berbagai makanan berbahan ikan lele terasa kurang lengkap jika belum berkunjung ke Kampung Lele di Desa Tegalrejo, Kecamatan Sawit, Boyolali.
Selain ikan lele segar, di Kampung Lele banyak pilihan olahan ikan lele. Bahkan, ikan lele juga bisa menjadi camilan yang bisa di bawa untuk oleh-oleh.
Salah satu pemilih usaha olahan ikan lele, Suwarti, 65, mengatakan beberapa produk ikan lele di antaranya abon lele, keripik daging lele, keripik kulit lele dan keripik sirip.
Abon lele dipatok harga Rp9.000/bungkus. Keripik kulit lele Rp9.000/bungkus. Keripik sirip lele Rp6.000/bungkus dan keripik daging Rp7.000/bungkus.
“Untuk rasa abon bermacam-macam ada yang pedas, manis dan bawang. Banyak orang yang membeli produk ikan lele untuk oleh-oleh,” kata Suwarti saat ditemui Solopos.com di tempat usahanya di RT 003 RW 003 Desa Tegalrejo, Kecamatan Sawit, Kamis (29/11/2012).
Selain itu, Suwarti menyebutkan produk ikan lele juga dikirim ke berbagai daerah seperti Jogja, Jakarta dan Banjarmasin. Dikemukakan dia, banyak orang yang mencari produk olahan lele. Ia bersyukur saat ini ikan lele semakin diminati di pasaran.
Bahkan, lanjutnya, produk ikan lele juga ada yang dibungkus kecil-kecil seharga Rp1.000 yang dijual di warung-warung angkringan atau HIK [hidangan istimewa kota]. Menurutnya produk keripik yang dijual di HIK juga banyak diminati pembeli.  “HIK di Solo juga ada yang menjual keripik lele yang dibungkus kecil,” lanjutnya.
Adapun bahan tambahan yang digunakan untuk aneka produk ikan lele itu di antaranya adalah tepung beras, tapioka, bawang putih, rempah-rempah dan minyak.

Ditulis Oleh : Unknown // 08.05
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toko Buku Online Terlengkap
g-website

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service