Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 21 Mei 2013

Hendra Kembangkan Ikan Lele Masamo




 Hendra, pembudidaya ikan air tawar asal Desa Kace Timur Kecamatan Mendo Barat, mulai mengembangkan pemijahan lele Masamo (Matahari Sakti Mojokerto) sejak enam bulan lalu, di rumahnya. Lele Masamo merupakan jenis strain baru lele dumbo 

"Lele Masamo (clarias gariepinus) merupakan hasil silangan lele Afrika Selatan dengan lele Thailand. Lele jenis ini banyak dibudidayakan petani ikan di Mojokerto yang awalnya diproduksi perusahaan pelet ikan  Matahari Sakti," kata Hendra didampingi rekannya John, saat ditemui bangkapos.com, Minggu (3/6/2012).

Ditambahkannya untuk di Pulau  Bangka baru dirinyaa yang mencoba memijahkan lele tersebut, indukannya berasal dari produsen lele Masamo. Sebanyak 4 paket kiriman induk, saat ini sudah mulai dipijahkannya.

"Kita selama ini dapat keluhan dari petani ikan, soal pertumbuhan benih lambat, tingkat kematian tinggi dan mudah terserang penyakit. Karena itu tertarik mendatangkan strain baru lele Masamo yang lebih cepat pertumbuhannya dan tahan penyakit," jelas Hendra.

Hendra mengungkapkan, setelah diujicoba ternyata pertumbuhan ikan itu memanng lebih bagus dari strain lele dumbo yang sudah ada sebelumnya. Oleh karena itu, lanjutnya, lele Masamo akan dikembangkan di Bangka.

"Gerakan benihnya lincah dan agresif, karena itu jangan sampai terlambat dalam pemberian pakan karena lele ini sifat kanibal nya tinggi, karena kantung perutnya lebih besar sehingga makannya lebih banyak dan cepat lapar. Kalau tangan kita masukkan dalam kolam langsung diserbunya karena dikira makanan," tukas Hendra.

Diakuinya, hasil produksi benih lele Masamo sudah banyak dibeli petani-petani pembudidaya di Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Tengah, dan Bangka sendiri seperti Sungailiat dan Belinyu, serta warga sekitarnya.

Bahkan sudah ada permintaan dari petani dari Kabupaten Belitung, namun belum bisa dipenuhi. "Saat ini hatchery lele Masamo sudah mengembangkan generasi Masamo hibrid namun baru sebatas penelitian dan belum dilemparkan ke pasaran, mungkin akhir tahun nanti baru dijual ke pasaran," imbuhnya.


Ditulis Oleh : Unknown // 17.07
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toko Buku Online Terlengkap
g-website

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service